Jumat, 05 November 2010

Kenapa Harus Putus Asa ?


Ada satu pertanyaan yang pernah diungkapkan teman saya. Dia bertanya, kenapa dalam hidup kita harus dituntut untuk menjadi yang terbaik ? Apakah jika kita tidak menjadi yang terbaik, kita akan dianggap gagal ? Padahal saya sudah berusaha siang malam, tapi hasilnya tetap tidak memuaskan. "Terus terang, saya putus asa..!"katanya.


************
Sebenarnya kehidupan manusia adalah kehidupan yang jatuh bangun. Ada saat dimana kita akan mengalami berada diatas, bukan gak mungkin suatu saat kita akan mengalami berada dibawah. Apabila dihadapkan pada suatu masalah apakah kita harus lari ? Tentu tidak. Sebab, kehidupan kita tak pernah lepas dari masalah. Bila kita telah mampu menyelesaikan satu masalah, bersiaplah untuk menghadapi masalah berikutnya. Karena Tuhan senantiasa menguji hambanya dengan masalah masalah. Bentuk masalah itu dapat berupa kesenangan, dan yang terbanyak adalah penderitaan. Sepintas, kita melihat masalah itu sebagai sebuah penderitaan, tetapi dibalik itu semua ada pelajaran besar dan berharga bagi kita. Itulah sebabnya, orang yang berhasil mengatasi semua masalahnya menjadi orang yang sabar, tabah, kuah, dan cerdas. Orang yang pandai mengambil pelajaran dari semua masalah yang dihadapinya akan kaya dengan pengalaman, sehingga ketika menghadapi masalah berikutnya akan menjadi lebih mudah.

Tuhan tidak pernah menjanjikan langit yang selalu biru kepada hambanya. Namun satu hal yang pasti, setelah hujan reda, langit akan kelihatan indah dengan warna pelangi. Bukan bagaimana kita akan mengalamai kegagalan dalam menghadapi satu masalah, tapi bagaimana kita mau bangkit dari kegagalan dan mulai melakukan perubahan perubahan agar kegagalan tersebut tidak terulang lagi. Karena sesungguhnya keberhasilan bukanlah diukur dari posisi yang telah dicapai oleh seseorang, melainkan dari rintangan rintangan yang dihadapinya saat dia berusaha untuh berhasil.

Manusia diberi akal, hati dan nurani dan dorongan oleh pencipta agar bisa bangkit dari setiap kegagalan dan peristiwa peristiwa yang begitu menekan. Tidak ada masalah yang terlalu besar untuk dihadapi dan tidak ada langkah yang terlalu panjang untuk dijalani, serta tidak ada orang yang sulit untuk dihadapi jika kita mampu menyikapi setiap peristiwa yang terjadi dengan hati yang bersih dan kepala yang dingin. Guru saya dulu pernah berkata "Kita tidak akan pernah bisa mengukur seberapa tingginya gunung sebelum kita berada dipuncaknya dan mengatakan bahwa sebenarnya tinggi gunung ini tidak seberapa". Artinya "jangan pernah menyerah sebelum kita mencoba". Karena kekuatan terbesar saat kita menyelesaikan masalah adalah berani untuk memulai. Bukankah seribu langkah kedepan pada awalnya dimulai dengan langkah pertama ?

Satu hal yang patut kita sadari adalah, apapun masalah yang kita hadapi atau apapun peristiwa yang begitu menekan yang terjadi dalam hidup kita, ingatlah bahwa semua itu tidak akan melebihi batas kemampuan kita. Jadi kenapa kita tidak mengembangkan sikap optimisme kita dalam memaknai hidup. Meyakinkan diri sendiri, bahwa "saya pasti bisa melalui ujian ini". Dan itu dimulai dengan cara kita mencari sumber sumber masalahnya dan mencari jalan keluarnya. Mengetahui kesulitan dan yakin bahwa kesulitan apapun pasti akan bisa dihadapi. Melihat yang negatif tapi menekankan yang positif. Menghadapi yang terburuk, tapi mengharapkan yang terbaik, Mempunyai alasan untuk menggerutu tapi lebih memilih untuk tersenyum.

Dari pada mengutuki kegelapan, lebih baik mengambil lilin dan nyalakan (stephen Covey)





2 komentar:

  1. Mulanya,hidup adl takdir.kita lahir dan ada.lalu,hidup adl proses.jalan panjang dr bnyk kegagalan dan sedikit keberhasilan.kita tak menyerah dan lantas berdiam diri.itu perjuangan..!!!
    Bukankah smua akan begitu??meratapinya,hny membuat kita smakin lemah.bnyk bersyukur sedikit mengeluh adl baik.krn Tuhan takkan berhenti menguji.Dia yg Maha Perkasa,hendak menjadikan kita hamba yg sabar.Tegak berdiri dlm badai kehidupan.tanpa kita sadari,smua kita nikmati,smua kita jalani juga.krn hidup adl proses..
    Akhirnya,hidup adl keindahan.kita lahir,kita ada,kita gagal,kita berhasil,kita lapang ,kita putus asa,...smua kita lalui jd rangkaian hidup,bkn beban tp perjuangan hidup..!!
    Skali lagi,krn hidup adl keindahan..!!

    BalasHapus