Senin, 01 November 2010

Did You Smile Today ? :)

Senyum adalah salah satu cara tubuh berkomunikasi tanpa harus mengucapkan kata. Senyum adalah anugerah terindah yang diberikan Tuhan pada kita. Senyum merupakan satu kebutuhan manusia yang gratis dan sederhana yang memberikan dampak yang begitu besar, tidak hanya pada diri kita, tapi juga kepada orang-orang disekitar kita.


Memulai sesuatu dengan senyum tentunya satu hal yang akan memberikan satu nilai keajaiban bagi kita. Sebuah senyuman  dapat mendukung apapun yang kita lakukan dan bantuan dari kolega, teman ataupun musuh sekalipun akan berdatangan secara otomatis. Karena senyum adalah penerjemah jitu sebuah persahabatan, cinta dan keramahtamahan. Dengan senyum, dapat membuat hati yang sekeras batu menjadi luluh dan melunak.

Senyum termasuk proses penting bagaimana seseorang itu mampu menerima kehidupannya. Berawal dari senyum semua hal akan terasa lebih ringan. Sebab senyum dapat menstimuli seseorang berpikiran positif dan menghadirkan sikap yang lebih tulus dalam mengerjakan sesuatu. Kemampuan tersenyum itu juga terkait dengan kadar kematangan seseorang dalam menyikapi problema kehidupan. Ketidakmampuan seseorang menerima keadaan dan selalu berpikir negatif merupakan faktor penyebab susah tersenyum.




Senyum itu memiliki kekuatan. Namun, ternyata orang bisa tak mudah untuk selalu tersenyum. Padahal senyum itu bisa menjadi obat bagi diri sendiri dan semangat bagi orang lain. Karena senyum itu juga terkait dengan filosofi yang dianut seseorang terhadap apa saja dalam dirinya. Berlatih senyum merupakan terapi jitu untuk membuat wajah seseorang lebih hangat dan menyenangkan. Mudah memberi senyum pada seseorang juga akan meningkatkan rasa perhatian kita pada sekeliling.


Sebuah penelitian menunjukkan bahwa, ketika tersenyum manusia mempekerjakan 31 otot diwajah. Namun apabila cemberut atau membentuk wajah be-te, manusia hanya mempekerjakan 21 otot saja. Jadi jelas terlihat, bahwa orang yang tersenyum lebih banyak menggerakkan otot wajahnya dibandingkan orang yang suka cemberut.  Oleh karena itu, orang yang suka cemberut dan jarang tersenyum bisa kelihatan lebih tua dibandingkan orang yang sering ternyum.

Ada jurus khusus untuk menghadirkan senyum walau hati sedang tak enak. Tarik napas dan tahan napas selama sepuluh detik lalu hembuskan kembali. Latihan pernapasan ini dapat melancarkan aliran darah sehingga menghambat stres yang akan datang. Atur pikiran kita untuk lebih fleksibel. Setelah suasana terkendali barulah memutar otak untuk mendapatkan solusi masalah. Bersikaplah pasrah dan ikhlas dengan mengandalkan kekuatan doa. Lantas tersenyumlah.

Rasulullah SAW bersabda, "Senyum kalian bagi saudaranya adalah sedekah, beramar makruf dan nahi mungkar yang kalian lakukan untuk saudaranya juga sedekah, dan kalian menunjukkan jalan bagi seseorang yang tersesat juga sedekah." (HR Tirmizi dan Abu Dzar).

Dalam hadis lain disebutkan bahwa senyum itu ibadah, "Tersenyum ketika bertemu saudaramu adalah ibadah." (HR Trimidzi, Ibnu Hibban, dan Baihaqi).

Sangat mudahkan ?? Sudahlah gratis, berpahala pula. Jadi masih sulitkan kita untuk tersenyum ???

1 komentar: