Selasa, 04 Januari 2011

Masa Lalu



I know that the time can't wait us. Eventhough we running up to catch it, we still can not ask it back or just look back. Because you do not have to chase it.
The time was there, still walking with you..
( Mary Dianna Firefly )




Kita hidup tak pernah lepas dari masalah. Selesai masalah yang satu, akan muncul masalah yang lain. Begitulah Tuhan menguji hambaNya. Ada yang kuat, ada juga yang tidak. Tapi apapun masalah yang dihadapi manusia dalam hidupnya, haruslah diingat bahwa cobaan Tuhan tak pernah melebihi kemampuan hambaNya. Bahwa cobaan Tuhan membuat manusia jauh lebih kuat. Bahwa Tuhan memberi cobaan kepada hambaNya bukan karena marah, bukan pula karena benci. Melainkan karena Tuhan sangat menyayangi hamba hambaNya.

Terkadang masalah masalah yang kita hadapi sering membuat kita merasa sangat putus asa. Pernah juga kita merasa sangat menyesal tentang kejadian yang pernah kita alami. Pernah juga kita berpikir "andai kejadian kejadian itu tidak kita alami". Apapun itu tak ada yang dapat kita lakukan untuk mengubah masa lalu selain berdamai dengannya. Bukan berarti kejadian itu kita lupakan sepenuhnya, karena itu tindakan yang mustahil. Tapi cukup kita ambil intinya, lalu ampas yang tersisa kita buang jauh jauh. Dalam arti lain, setiap kejadian dimasa lalu, apapun itu, sepedih apapun itu, jadikan ia sebagai pelajaran untuk menjalani masa depan. Ibarat musafir tersesat yang membawa bekal air (masa lalu) untuk berjalan mencari jalan yang dituju. Sewaktu waktu ketika dia haus, dia akan membutuhkan bekal air (masa lalu) yang dia bawa. Begitulah. Seberapa banyakpun kepedihan dimasa lalu yang kita alami, rasa sakit yang terasa akan membawa kita kearah lebih baik andai saja kita dapat mengambil hikmah hikmah yang tersembunyi. Itulah mengapa kita ada sekarang. Untuk menulis kisah yang lebih baik bersama waktu untuk menjadi layak diungkapkan dan dikenang.

Karena tidak semua kisah dari masa lalu itu buruk. Ada yang pantas dikenang, ada juga sebaliknya disimpan rapat rapat dalam bilik yang terkunci rapat. Tak kan bisa dibuang begitu saja, karena masa lalu adalah bagian dari kita. Masa lalu yang menempa kita dan menjadikan kita seperti kita sekarang.

Dan saat semuanya indah sesuai pada waktunya, kita adalah orang yang pertama kali tersenyum karena kita dapat menaklukkan waktu yang ternyata tidak kita buang sia-sia. Tapi, jika masa depan yang indah itu tak kunjung datang, ingatlah bahwa di masa lalu kita pernah ada dalam sebuah kepahitan dan kita diajarkan banyak hal disana. Pelajaran pelajaran dimasa lalu akan membuat kita jauh lebih kuat.

Raihlah hari
Bergembiralah akan kehidupan
Karena ia memberimu kesempatan untuk mencintai
bekerja, bermain dan melihat bintang bintang diatas sana





4 komentar:

  1. Setuju, waktu yang terlewat tak mungkin terulang.. selama kita ambil hikmah, pasti ada senyum di baliknya.. nice post.. :D

    BalasHapus
  2. tenkyu haqqi :)

    makasih udah berkunjung :)

    BalasHapus
  3. Betul itu...,

    salam kenal...,
    aq edoh, aq snang mmbaca lifeblog...,

    keep posting... :)

    BalasHapus