Jumat, 18 Februari 2011

Cari Jodoh Lewat Untaian Kata 140 Karakter


Bukan hal yang baru lagi jika ada yang menemukan jodoh lewat dunia maya. Berbagai jejaring sosial didunia maya ini memang banyak memberikan peluang buat para netter untuk berinteraksi satu sama lain. Tidak hanya netter dalam satu wilayah, bahkan bisa mencakup netter dari seluruh penjuru nusantara bahkan dunia. Tidak heran, jejaring sosial ini banyak digandrungi, tidak hanya oleh kalangan remaja, anak muda, bahkan paruh baya juga tak mau kalah menggunakan jejaring sosial ini untuk berkomunikasi. Jadi wajar, jika jejaring sosial ini menjadi salah satu lahan untuk mencari jodoh.

Sah sah aja sih, coz yang namanya jodoh gak bisa ditebak dari mana datangnya. Bisa tetangga, bisa juga beda daerah, bahkan beda negara. Namun yang namanya menjalin hubungan lewat dunia maya ini bisa dibilang berat, butuh extra kesabaran. Sabar hati, sabar perasaan. Mungkin buat netter yang menemukan pasangan satu daerah masih bisa saling bertemu. Lalu gimana yang beda daerah ?

Menjalin hubungan lewat dunia maya bisa dibilang gampang-gampang susah. Bagi yang exis di dunia maya maka jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Koprol, YM bisa jadi alternatif buat komunikasi. Bisa lewat tulisan, bisa juga bertatap muka lewat video call. Susahnya, terkadang bagi sebagian orang cinta bukan hanya sebatas tulisan dan suara. Tapi juga pertemuan dua fisik. Eits.. jangan negatif dulu. Maksudnya saling bertemu, memegang, menggandeng dll yang sifatnya bersentuhan. Karena katanya neh.. kalo yang namanya pacaran itu gak ciuman, gak pegangan itu gak asik. Kalo lewat jejaring sosial kan cuma nulis doank, gak bisa ketemuan .. ekspresinya gak dapet *katanya :D.

Selain itu, menjalin hubungan lewat dunia maya yang nota benenya adalah LDR alias Long Distance Relationship dibutuhkan extra banyak kesabaran and full kepercayaan. Jika tidak dibarengin dengan 2 hal ini, maka sangat sulit untuk bisa langgeng hubungannya. Oleh karenanya dalam menjalin hubungan dunia maya ini yang namanya komunikasi tidak hanya sebatas status atau pesan di inbox. Tapi lebih sering kepada komunikasi lewat SMS atau suara. Karena biasanya hubungan jarak jauh seperti ini sering menimbulkan keraguan dan kecurigaan, tidak hanya bagi si perempuan, si pria juga.

Menjalin hubungan disitus jejaring sosial ini juga banyak godaannya. Karena disini kita tidak hanya bertemu dengan 10 sampai dengan 20 wanita atau pria saja. Tapi ribuan. Bagi seseorang yang bertipe gampang jatuh cinta, maka pasangannya siap-siap saja gigit jari jika suatu saat harus ditinggalkan karena doi pindah kelain hati. Ini disebabkan dari seringnya bertukar status dan komentar, nyaman diajak ngobrol juga bercanda hingga berakhir dengan tukaran nomor HP dan sebagainya. Maka terjadilah yang namanya perselingkuhan. Tidak heran jika banyak hubungan yang retak dan tidak langgeng karena situs situs ini. Karena tidak sedikit yang menjadikannya ajang untuk mencari selingkuhan dan sebagainya.

Tapi jangan pesimis dulu. Ada banyak pasangan yang bertemu lewat dunia maya ini berhasil hingga ke jenjang pernikahan. Sebut saja namanya Dimas. Dia adalah salah satu teman saya yang saya kenal lewat situs sosial Koprol. Dimas adalah salah satu penemu jodoh didunia maya. Doi dan istri sama-sama bertemu ketika sama-sama exis online di Nimbuzz. Ada juga teman saya yang lain. Nama Cherry. Doi dan tunangannya juga bertemu di situs jaringan sosial ini. Dan sekarang keduanya sedang mempersiapkan pernikahan mereka *ditunggu undangannya nenk :D. Saya sendiri lebih sering bertemu pasangan didunia maya ini. Dua kali serius yang lainnya buat iseng iseng aja :D. *ah abaikan haha. (malah curcol :D)

Jadi intinya : tergantung kamunya yang menjalani hubungannya seperti apa. Yang terpenting disini adalah :

1. Niat. Ingin dibawa kemana hubungan kalian. Jika cuma sekedar iseng-iseng sih sah sah saja, tapi harus ada kesepakatan kedua belah pihak :D agar jangan sampai salah satunya sakit hati apalagi sampai patah hati.

2. Siapkan mental. Karena terkadang apa yang kita lihat didunia maya tidak sama dengan dunia nyata. Jangan percaya begitu saja dengan tulisan-tulisan yang selalu nampak indah.

3. Ajak doi ketemuan. Ini adalah bagian penting. Jika memang serius untuk menjalin satu hubungan sebaiknya bertemu minimal sekali itu perlu untuk menunjukkan bahwa hubungan itu memang serius. Selain itu dengan bertemu memudahkan kita untuk mengenal doi lebih dekat dan riil.

4. Bagi wanita, jangan mau mendatangi prianya terlebih dahulu. Ini penting. Bagi yang menjalin hubungan yang sifatnya LDRan, jika ingin ketemuan usahakan si prialah yang mendatangi wanitanya. Bukan sebaliknya. Karena bagaimanapun, semodren apapun kita hidup dizaman ini, kita masih menganut adat pendahulu kita. Yang namanya wanita pamali jika harus terlebih dahulu mendatangi pria. Ini menyangkut harga diri dan kehormatan. *setidaknya itu menurut saya* ;)

5. Jangan berkomitmen jika belum siap. Jalani hubungan apa adanya, santai namun terarah.

6. Utamakan komunikasi, terutama untuk kalian yang LDRan. Ini penting mengingat intensitas pertemuan yang minim, maka SMS atau Calling adalah salah satu alternatif penting untuk kelanggengan suatu hubungan.

So, bagi kamu yang mungkin sampai saat ini sulit buat dapat jodoh didunia nyata *eh :) . Silahkan menggunakan situs situs sosial ini sebagai tempat alternatif mencari pasangan. Siapa tahu, lewat untaian kata 140 karakter ini kamu bisa menemukan jodoh kamu yang sesungguhnya. :D

Namun bagi kamu yang belum juga menemukan jodoh atau pasangan bahkan didunia maya ini, jangan berkecil hati. Seperti kata pepatah *banyak jalan menuju roma, gak bisa nak becak ya naik mercy* :D. SO.. cheerful with your life, and jangan pernah takut untuk sendiri ataupun kesendirian, karena kita pun terlahir dalam keadaan sendiri dan akan kembali sendiri juga. Untuk apa harus kemudian menyiksa diri dan juga yang lainnya hanya karena tidak ingin sendiri, takut sendiri dan merasa sepi serta sendiri. Lebih baik menjadi diri sendiri meski sepi dan sendiri tetapi bisa memberikan banyak arti dan manfaat bagi semua. Penuhilah diri dengan cinta dan berikanlah banyak cinta dengan penuh ketulusan dan keikhlasan. Karena bahagia dan damai itu pasti akan ada dalam diri sendiri.



4 komentar:

  1. Gud..gud..postingan yg edukatif sdikit provokatif tapi cukup menghibur..hehe..siapin niat ahh.. :-D

    BalasHapus
  2. provokatif gimana tuh maksudnya :e:

    jangan ajangan pengalaman yaaaaa :f:

    BalasHapus
  3. Dikit ajaa...tp gmn yaa... :p

    BalasHapus
  4. inardestrisaNovember 10, 2013

    aku suka postingnya.._ sama apa yg saya alami.THzz infonya

    BalasHapus